Kamis, 01 Agustus 2013

Teleskop Tangkap Awan Spiral Pengepung Galaksi

 

WASHINGTON - Teleskop Hubble berhasil menangkap gambar pusaran kosmik yang mencolok pada Galaksi NGC 524. Galaksi ini berada pada konstelasi Pisces yang berjarak sembilan puluh juta tahun cahaya dari Bumi.

Seperti dilansir Science Daily, NGC 524 merupakan galaksi jenis baru yang dinamakan galaksi lentikular. Galaksi ini bukan berbentuk lonjong seperti galaksi Bima Sakti maupun berbentuk spiral. Galaksi diprediksi merupakan evolusi dari galaksi spiral.

Galaksi spiral sendiri adalah galaksi yang ditemukan pada pertengahan abad milenium yang berbentuk berputar-putar seperti spiral.

Dalam putaran tersebut terdapat jutaan bintang. Dan bintang awalnya adalah sebuah awan raksasa yang berisikan gas dan debu. Apabila debu dan gas tersebut menjadi cukup padat, maka awan raksasa ini akan menjadi rahim untuk kelahiran sebuah bintang.

Ketika semua gas dan debu ini berkurang atau menghilang ke antariksa, lengan-lengan awan raksasa akan memudar secara bertahap dan bentuk spiral mulai melemah.

Pada akhir dari proses tersebutlah yang tersisa menjadi galaksi lentikural: piringan cahaya cerlang yang dipenuhi oleh jutaan bintang merah dan tua yang dikepung oleh sedikit gas dan awan yang menempel pada galaksi tersebut.

Gambar ini menunjukkan bentuk NGC 524 secara rinci, yang dibentuk oleh sisa gas yang mengelilingi pusat tonjolan galaksi. Pengamatan galaksi ini telah mengungkapkan pergerakan spiral yang terus berkembang secara bertahap, menjelaskan strukturnya yang rumit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar