Rabu, 24 Juli 2013

Organisasi-organisasi kriminal berbahaya dalam manga

Kalau kita membaca sebuah manga atau menonton anime,hampir sering kita jumpai bahwa tokoh antagonis dalam manga atau anime tersebut tidak hanya 1 orang saja,melainkan sebuah organisasi kriminal.Atau dapat juga 1 orang tokoh antagonis utama dalam satu cerita memiliki sebuah organisasi kriminal untuk memudahkan tokoh antagonis tersebut dalam menjalankan aksinya.Keberadaan organisasi-organisasi kriminal tersebut disinyalir dapat membahayakan kehidupan umat manusia tidak hanya dalam lingkup sebuah negara tapi juga dalam lingkup sebuah dunia karena segala macam kejahatan yang dilakukan seperti pembunuhan,kekerasan,perampokan,obat bius,perjudian,peperangan,pemberontakan sampai upaya penguasaan dan penghancuran dunia.Nah,berikut ini adalah beberapa organisasi kriminal dalam manga
1.Akatsuki(Naruto)
            Akatsuki adalah nama sebuah kelompok/organisasi antagonis dalam serial manga dan anime Naruto. Akatsuki ( , "Fajar") beranggotakan 10 orang kriminal kelas S yang ditakuti karena kekuatan dan tabiat mereka yang buruk. Syarat keanggotaan mereka masih belum diketahui secara jelas. Tapi yang pasti, mereka semua mempunyai Kekkei genkai atau setara dengan Kekkei genkai yang unik dan mengerikan dan menakutkan. Kelompok antagonis dari serial Naruto ini begitu menarik perhatian tak hanya karena kostum seragam mereka yang meng-influence banyak cosplayer, seperti baju dengan simbol awan, cincin dengan huruf kanji, dan pelindung kepala dengan goresan melintang. Namun juga karena cerita dibalik setiap anggota Akatsuki. Tiap anggota memiliki sifat yang khas, jurus andalan masing-masing, masa lalu, dan kenyataan yang mengejutkan dibaliknya.
                Merupakan kelompok antagonis yang beranggotakan 10 orang kriminal kelas S atau amat sangat berbahaya sekali. Kebanyakan dari mereka merupakan pengkhianat atau pelarian dari desa masing-masing. Kekuatan yang mengerikan adalah syarat mutlak jika ingin bergabung dengan grup penjahat yang terkenal sadis ini. Bertujuan untuk mengumpulkan bijuu yang menghasilkan kekuatan mengerikan, mereka tak segan membunuh, menculik, dan menghancurkan sebuah desa sampai hancur lebur tanpa ampun. Pemimpin mereka bernama Pein atau belakangan diketahui sebagai Nagato, yang mempunyai masa lalu sebagai salah satu murid Jiraiya. Namun sebuah rahasia terkuak, dimana pimpinan sebenarnya atau otak dan dalang dibalik Akatsuki adalah seorang ninja abadi yang umurnya bahkan sebanding dengan umur desa Konoha, Madara Uchiha. Pemilik mata Sharingan dan Rinengan inilah yang merancang Akatsuki dan segala tindak tanduknya hanya untuk merealisasikan ambisinya.
                Tujuan Akatsuki ialah penguasaan dunia dengan kekuatan mutlak. Mula-mula mereka akan mengumpulkan ke-9 bijuu lalu membangkitkan biju berekor 10. Lalu dengan kekuatan besar, mereka akan membangun desa mereka sendiri dan mengobarkan perang ke seluruh negara. Mereka akan membangun sebuah desa yang sanggup menerima tugas apapun termasuk pembunuhan, penyerangan, penculikan, perang, dan tugas kotor lainnya. Untuk membangun desa tersebut, mereka membutuhkan uang dalam jumlah besar.
            Anggota Akatsuki bekerja secara berkelompok masing-masing dua orang yang saling melengkapi kelemahan dan kelebihan masing-masing. Mereka bekerja amat kompak dan kombinasi kekuatan mereka menghasilkan kekuatan yang sangat mematikan. Tetapi dalam tingkat perorangan, para anggota kadang-kadang saling tidak menyukai satu dan lainnya. Akatsuki juga tidak terlalu mengambil pusing dalam hal kematian salah satu anggotanya, yang mereka utamakan adalah keberhasilan dalam misi. Tidak semua anggota Akatsuki bekerja secara berkelompok dua orang, Misalnya Zetsu yang bekerja sendirian. Meskipun ada anggota yang bekerja secara individual, tidak menutup kemungkinan untuk menjalankan sebuah misi dengan tingkat keberhasilan yang cukup memuaskan. Dalam aksinya, Akatsuki menggunakan sebuah jutsu/segel untuk memindahkan bijuu ke dalam tubuh salah satu anggotanya. Dengan segel itu, Akatsuki dapat memanggil sebuah patung yang di beri nama gedou mazou untuk menghisap bijuu dari tubuh Jinchuuriki. Patung tersebut berbentuk manusia yang menengadahkan tangannya dan terikat. Mata patung itu ditutup sebuah kain dan mulutnya disumpal. Patung ini sepertinya melambangkan ketidakbebasan. Ketika melakukan pemindahan, anggota yang akan diisi Bijuu harus ada di tengah. Para anggota yang lain akan berdiri di masing-masing jari patung itu. Nama jurus segelnya adalah Fuuinjutsu Gernyu Kyuu Fuujin. Setiap anggota Akatsuki memakai cincin sebagai identitas mereka. Masing-masing cincin melambangkan keanggotaan dan ditulis dengan kanji yang berbeda. Orochimaru yang sepuluh tahun lalu keluar dari Akatsuki masih menyimpan cincin miliknya, tapi sudah mati dibunuh Sasuke Uchiha karena Orochimaru terlalu lemah.
Berikut adalah daftar cincin-cincin tersebut:
- れい, Rei - Nol/Tidak ada: Dipakai oleh Pein.
, Sei - Hijau - Dewa Timur dan Musim Semi: Dipakai oleh Dediara .
, Haku - Putih - Dewa Barat dan Musim Gugur: Dipakai oleh Konan.
, Shu - Merah - Dewa Selatan dan Musim Panas: Dipakai oleh Itachi Uchiha.
, Kai - Babi Hutan - Dewa Utara dan Musim Dingin: Dipakai oleh Zetsu.
空陳 - くうちん, Sora - Langit: Dulunya dipakai oleh Orochimaru dan masih disimpan olehnya.
, Minami - Selatan: Dipakai oleh Kisame Hoshigaki
, Hoku - Utara: Dipakai oleh Kakuzu.
, San - Tiga : Dipakai oleh Hidan.
, Gyoku - Virgo: Sekarang dipakai oleh Tobi atau Madara Uchiha
 

2.Baroque Works(One Piece)

                Mungkin banyak yang menanyakan kenapa saya memilih organisasi Baroque Works(BW) dari anime One Piece.Kenapa bukan Shichibukai,Yonkou,atau pasukan revolusioner?Alasan saya adalah karena pada salah satu cerita One Piece telah dikisahkan bagaimana sepak terjang BW dalam membuat kerusuhan dan keonaran di kerajaan Arabasta.Sedangkan Shichibukai adalah organisasi bajak laut yang diakui dan dibawah naungan World Goverment,Yonkou lebih sering berindak sendiri-sendiri daripada bersama-sama sebagai sebuah kesatuan organisasi,sedangkan pasukan revolusioner walaupun dikatakan telah merebut sebagian negara-negara dibawah kekuasaan World Goverment,tapi tidak diceritakan secara gamblang bagaimana sepak terjangnya.Atas beberapa alasan itu saya memilih BW sebagai organisasi kriminal berbahaya di One Piece
              Baroque Works (BW) adalah organisasi kriminal fiktif yang ada dalam serial manga dan anime One Piece. Keseluruhan organisasi ini bersifat misteri, staff dan pengurusnya menggunakan nomor kode dan tidak semua anggotanya tahu. Semakin tinggi nomor kode (berupa Mr. dan beserta pasangannya yaitu Miss.) berarti semakin tinggi kekuatan yang dimiliki. Ada Officer Agent yang berperan sebagai pengawas yaitu Mr.5 sampai Mr.0 beserta mitranya (wanita). Sebagai pelaksana dan pengurus bawahan ada pada frontier agent dari Mr.12 sampai Mr.6 beserta pasangannya.
         BW pada dasarnya adalah organisasi yang bergerak dalam bidang spionase (mata-mata), pembunuhan gelap dan pemburu hadiah. Semua ini dilakukan atas dasar perintah sang "bos" yang tidak diketahui identitasnya.Semua nama agen pria dinamai dengan Mr. diikuti nomor kode (contoh Mr. 3). Sedangkan agen wanita sebagai mitra mereka dinamai dengan Miss. diikuti nama hari atau hari besar (contoh Miss Monday) dengan kekuatan setara. Ada 12 orang number agent, 6 orang adalah Officer (Mr. 0 sampai Mr. 5 beserta pasangan) dan 6 sisanya adalah Frontier (Mr.6 sampai Mr. 12 beserta pasangan). Officer Agent mengepalai 200 orang pasukan Billions dan Frontier mengepalai 1800 orang Millions.
                Prinsip BW adalah misteri. Para anggota tidak perlu tahu siapa nama mereka dan juga siapa para petinggi mereka. BW juga melarang adanya pemeriksaan identitas diri sesama anggota, jika terjadi seperti itu maka pelaku akan dibunuh langsung oleh Officer/Frontier Agent yang bersangkutan. Dalam memberi perintah, sang bos memberikannya lewat surat yang dibawa oleh Mr.1 3 dan Miss Friday (binatang) dan diberikan oleh anggota lain. Jika seorang agen gagal melakukan misinya, maka hukuman juga akan dilakukan oleh Mr. 13 dan Miss Friday. Mr. 5 menyebutnya aib bagi BW.Tujuan utama BW adalah mendirikan negara militer ideal. Rencana sang bos yaitu mendirikan negara di atas bendera Kerajan Arabasta, dengan kata lain menguasai kerajaan Arabasta. Semua dana yang diperoleh dari hal-hal seperti membunuh di atas menjadi modal dari pembentukkan negara itu selanjutnya. Oleh karena itu BW merekrut orang berbahaya dari semua belahan dunia seperti Nico Robin (Miss All Sunday) dan Dazz Bones (Mr. 1) dari West Blue . BW juga bermaksud untuk merekrut Roronoa Zorro tetapi ditolak olehnya. Jika sebuah negara ideal tersebut berhasil didirikan, maka jabatan akan diberikan oleh Mr.0 (yang pastinya menjadi kepala negara) berdasarkan kode mereka.Kerajan Arabasta, diincar karena selain memiliki prioritas bagus untuk dijadikan negara ideal, juga karena rakyatnya mudah diadu domba. BW tidak hanya dapat memisahkan mereka secara politik, tetapi menjadikan sang bos, Mr.0 adalah pahlawan ternama dan sering membantu kerajaan.

3. Red Ribbon (Dragon Ball)

                Red Ribbon Army (レッド リボン , Reddo Ribon Gun), secara singkat berganti nama Tentara Pita Merah.Red Ribbon(RR) adalah sebuah organisasi kejahatan paramiliter dalam manga Dragon Ball dan anime. Mereka ditampilkan dalam serial Dragon Ball Z sampai kisah tentang Android ciptaan DR.Gero, dan mereka ditampilkan terakhir kali di Dragon Ball GT.
            Organisasi ini secara resmi dipimpin oleh seorang pria bertubuh kecil yang sering disebut Komandan Merah, tujuan dari RR adalah menghalalkan segala cara apapun yang diperlukan untuk mendapatkan Bola Naga dan merencanakan sebuah pengambilalihan dunia dibawah kekuasaan Pasukan Red Ribbon,namun Komandan Merah sebenarnya diam-diam merencanakan sebuah keinginan pribadi  baginya untuk menjadi orang yang berukuran lebih tinggi. Karena dia adalah seorang yang memiliki ukuran badan yang terbilang pendek,sehingga ia sangat membenci bila ada seseorang yang berbadan lebih tinggi dari tubuhnya,berdiri berada di dekatnya, maka dari itu Komandan Merah sering memarahi dan mengatakan agar salah seorang staffnya dari Officer Black untuk tidak berdiri berlama-lama di dekatnya. Seluruh pasukan ini berhasil dikalahkandan dihancurkan oleh Son Goku yangwaktu itu masih muda yang berusaha untuk menghentikan rencana-rencana jahat pasukan Red Ribbon dengan menyerbu sendirian ke Markas Besar Pasukan Red Ribbon.
            Master Buttenroshi(Jin Kura-kura) yang disebutkan dalam Kisah Androids bahwa setelah kekalahannya, Red Ribbon sudah dilupakan, kecuali oleh beberapa orang. Organisasi ini mulai terlihat bangkit kembali dalam cerita androids dan Cell dimana ternyata pencipta androids dan Cell itu adalah Dr. Gero yang merupakan salah satu ilmuwan yang dulunya bekerja untuk Organisasi Red Ribbon dan akhirnya membuat Goku dan kawan-kawan bertarung untuk menyelamatkan dunia dari ancaman organisasi Red Ribbon
            The Red Ribbon Army tidak memiliki toleransi pada setiap kegagalan dalam menjalankan sebuah misi, dengan hukuman untuk kegagalan itu biasanya adalah sebuah hukuman/eksekusi. Eksekusi itu biasanyaberdasarkan kisaran tingkat kegagalan anggotanya seperti berkisar antara gagal dalam tujuan misi (seperti mengambil sebuah Dragon Ball) atau untuk kesalahan kecil / tugas hampir tidak tidak masuk akal seperti gagal menangkap kucing Komandan Merah yang berlari lari ketika Komandan Merah ingin menguji para personil untuk mengetahui refleks anak buahnya atau ketika tentara tidur dalam tugasnya. Seorang anggota tentara diizinkan atau dapat diberi kesempatan untuk menebus kesalahannya jika ia gagal, namun ia harus memiliki track record yang luar biasa dalam organisasi, seperti Jenderal Biru diberi kesempatan untuk menebus kesalahannya  saat ia gagal mengambil Bola Naga dari Goku meskipun ia telah berhasil mengambil Naga Radar. Tetapi mendapat kesempatan menebus kegagalan seperti itu kemungkinannya biasanya sangat langka, sebagaimana dibuktikan oleh Kolonel Perak. Komandan Merah memberikan hukuman untuk kesalahannya setelah yang kedua kalinya gagal untuk mengambil Dragon Ball dari Goku, meskipun Komandan Merah sebelumnya memuji dari Kolonel Perak karena telah berhasil menangkap kucing komandan Merah.

            Menurut Jenderal Biru (yang homoseksual dan pembenci wanita), Tentara Red Ribbon tidak memungkinkan bagi perempuan untuk bergabung dalam organisasi  militer. Namun pernyataan Jendral Biru ini tidak sepenuhnya benar karena ada anggota benar-benar perempuan, seperti Kolonel Violet, dan perempuan sewaan sebagai tentara bayaran.

4.Makoto Shishio Crime Organization's(Samurai X)




            Dalam manga Samurai X,organisasi yang diketuai oleh Makoto Shishio(baca: Para Pendekar Pedang Hebat DalamManga)ini adalah organisasi yang paling mengerikan dan yang paling membahayakan pemerintahan pada waktu itu dan menjadi ancaman terbesar bagi kelangsungan pemerintahan Jepang yang waktu itu dikuasai oleh Pemerintahan Meiji. Hal yang melatarbelakangi Makoto Shishio membentuk organisasinya karena dia merasa telah di khianati oleh Pemerintahan Meiji setelah semua jasa-jasa yang telah dilakukan olehnya terhadap Pemerintahan. Selain itu, ia merasa pemerintahan Meiji terlalu lemah untuk  memimpin Jepang secara efektif. Ia berencana untuk memperkuat ekonomi dengan minyak setelah ia mengambil alih negara.
            Untuk mendukung usahanya dalam pengambilalihan kekuasaan pemerintah Jepang,Makoto Shishio mengumpulkan sekelompok pejuang terbaik di Jepang, yang disebut  Juppongatana (Sepuluh Pendekar Pedang Terbaik), untuk menggulingkan pemerintahan Meiji.Selain Juppongatana sebagai pendekar utama pilihan Shishio,Shoshio juga memiliki ribuan tentara atau anak buah di seantero pelosok negri yang diidentifikasikan oleh pemerintah sebagai gangster-gangster yang menguasai sebuah wilayah tertentu. Padahal sebenarnya gangster-gangster itu adalah anak buah Shishio.Anak buah Shishio tidak hanya berkamuflase menjadi gangster saja, tapi juga telah berhasil menyusup ke dalam badan-badan pemerintah.Contohnya kepolisian,dalam kepolisian juga ada seorang anggotanya bahkan seorang pejabat kepolisian yang manjadi anak buah Shishio.
5. Organisasi Hitam (Detektif Conan)
 
            Organisasi Hitam (黒の組織 kuro no soshiki) atau Organisasi Berbaju Hitam ( 'Black Organization', disingkat: BO) adalah sebuah organisasi yang berperan sebagai  antagonis utama dalam serial anime/manga Detektif Conan. Organisasi ini melakukan tindakan kriminal untuk berbagai alasan, dari pemerasan, pencurian, hingga pembunuhan. Organisasi ini bekerja dengan sangat teliti sehingga hampir tidak ada barang bukti yang dapat menunjukkan bahwa merekalah yang bersalah. Anggota Organisasi ini yang paling pertama kali muncul adalah Gin dan Vodka yang bertanggung jawab atas mengecilnya tubuh detektif SMU Shinichi Kudo
            Organisasi ini juga mengembangkan sebuah racun untuk memuluskan aksinya yang disebut APTX 4869 (4869 (四八六九 Yon-Hachi-Roku-Kyuu atau Shi-Ya-Ro-Ku (Sherlock)) yang bernama sandi (code name) "Detektif Prototip", adalah sebuah toksin fiksi dan sebuah turunan eksperimen formula keabadian yang dikembangkan olehShihi Miyano(Ai Haibara), yang digunakan oleh Organisasi Hitam sebagai sebuah racun yang mematikan tetapi tidak terlacak. APTX adalah singkatan dari "Apotoksin" (Inggris : Apotoxin), dan sesuai dengan namanya, racun ini melibatkan pengaktifan apotosis yang tidak terkendali yang menyebabkan kematian dengan penghancuran sel. Selain itu, racun ini juga dapat mengaktifkan telomerase. Namun, dalam kasus yang sangat jarang, racun ini menyebabkan apotosis non-neural saja dan apotosis akan stabil pada saat tertentu, menyebabkan usia korban tampak menurun (lebih muda). Shinichi Kudo, tokoh utama seri Detektif Conan adalah korban racun ini yang menemui kasus keracunan yang sangat jarang ini.Dan selanjutnya Shiho Miyano, yang mencoba bunuh diri dengan racun yang dibuatnya, menjadi korban kedua yang menemui kasus keracunan yang sangat jarang ini.
            Sepanjang seri ini, ada beberapa kasus dimana racun ini dinetralisir dan Shinichi & Shiho kembali ke bentuk usia mereka yang sebenarnya. Bahan utama untuk pembalikan ini adalah sebuah komponen yang ditemukan di akar ginseng Cina, schnaps, dimana Ai Haibara (Shiho) telah telah mencoba mengembangkan sebuah pritotip obat penawar untuk racun ini. Pada keadaan dimana Shinichi ataupun Shiho kembali ke bentuk usia mereka yang sebenarnya, resipien menderita flu biasa ketika komponen dicerna, ini menunjukkan bahwa sistem imunitas (kekebalan tubuh) harus diserang sebelum obat penawar bekerja.

6.Uruha(Flame of Recca)

            Uruha adalah sebuah organisasi pembunuh yang sangat besaryang mempunyai anggota yang sangat banyak.Organisasi ini dipimpin oleh seorang pria yang gila akan kekuasaan yang bernama Kouran Mori.Tujuan utama organisasi ini adalah penguasaan dunia dengan cara mengumpulkan Modugu yaitu sebuah senjata yang disebut-sebut sebagai alat setan karena alat ini memiliki kekuatan mistis yang luar biasa dan akan sangat berbahaya bila alat ini sampai jatuh ke tangan yang salah.Modugu sebenarnya adalah sebuah alat dari masa lalu yang diciptakan oleh kaum Hokage pada jaman dinasti Nobunaga.Pembuat Modugu ada 2 orang.Yang pertama adalah Koku,yang menciptakan Modugu untuk tujuan kebaikan dan kebenaran serta melindungi sesama.Dan yang kedua adalah Kaima,yaitu yang bertujuan membuat Modugu untuk kejahatan menghancurkan.
            Pada saat itu Oda Nobunaga,pemimpin dinasti Nobunaga ingin merebut senjata Modugu dari klan Hokage pimpinan Oka,ayah dari Recca dan Kurei.Maka peperangan besar pun terjadi dan akhirnya Modugu yang menjadi alasan dari peperangan tersebut tersebar dan akhirnya digunakan oleh berbagai macam orang,baik yang baik atau yang jahat.Pada akhirnya,Kouran Mouri berhasil memperoleh Modugu Tendo Jigoku,sebuah Modugu yang disebut-sebut sebagai Modugu paling terkutuk dan berbahaya yang pernah diciptakan.Setelah Recca dan kawan-kawan berhasil menghancurkan Tendo Jigoku,semua Modugu yang ada kemudian hancur berkeping-keping menandakan bahwa dunia sudah aman dan tentram sehingga keberadaan Modugu juga sudah tidak diperlukan lagi.
            Organisasi Uruha juga memiliki sebuah organisasi lain didalamnya.Sebuah organisasi bayangan yang terselubung yang tidak ada seorang pun tahu kecuali Kouran Mouri sebagai pimpinan yang mengetahuinya.Organisasi tersebut adalah Ura Uruha.Ura Uruha bertugas untuk mengawasi tiap anggota Uruha dan membunuh para anggota Uruha yang tidak dapat menjalankan tugas atau berkhianat.Ura Uruha bisa dibilang sebagai yang menjalankan pekerjaan kotor dalam organisasi.Ura Uruha mendapat perintah langsung dari Kouran Mouri
http://ardhiyanmukaffi.blogspot.com/2012/02/organisasi-organisasi-kriminal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar